Microsoft Beli Skype US$ 8,5 Miliar

Microsoft mengumumkan rencananya membeli perusahaan internet telepon Skype Technologies. Dengan harga US$ 8,5 miliar atau sama dengan Rp 72,7 triliun, transaksi ini akan menjadi akuisisi terbesar yang pernah terjadi di dunia bisnis teknologi.

“Skype adalah layanan fenomenal yang digandrungi oleh jutaan orang di seluruh dunia. Bersama kita akan menciptakan masa depan komunikasi real-time sehingga orang dapat dengan mudah tetap terhubung dengan keluarga, teman, klien dan rekan di mana saja di dunia,” demikian diungkapkan pimpinan eksekutif Microsoft Steve Ballmer, seperti dilansir New York Times, Selasa (10/5).

Kesepakatan ini akan memperkuat pelayanan Microsoft dalam komunikasi baik suara maupun video dengan teknologi yang dimiliki Skype seperti, Xbox 360, Kinect dan Outlook. Tidak hanya itu, akuisisi juga akan membantu Microsoft mengejar ketertinggalannya dari Apple iOS dan Google Android operating systems dalam hal komunikasi jarak jauh.

“Microsoft dan Skype berbagi visi membawa inovasi perangkat lunak dan produk kepada pelanggan kami. Bersama, kita akan dapat mempercepat rencana Skype untuk memperluas komunitas global kami dan memperkenalkan cara baru bagi setiap orang untuk berkomunikasi dan berkolaborasi,” kata Tony Bates, yang saat ini menjabat sebagai pimpinan Skype dan akan menjadi Presiden di divisi baru Microsoft untuk menangani Skype.

Skype juga telah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Skype didirikan Niklas Zennstrom dan Janus Friis pada 2003. Dua orang ini yang menciptakan teknologi berbagi file, Kazaa, yang akhirnya lebih dikenal dan diasosiasikan dengan pembajakan musik.

Lalu pada perkembangannya Skype menawarkan layanan telepon gratis dan murah. Layanan ini akhirnya banyak menarik penelpon internasional untuk melakukan panggilan telepon jarak jauh misalnya telepon antarnegara.

Sementara eBay pernah membeli Skype pada 2005 silam. Tapi akhirnya menjualnya kembali pada 2009. Microsoft, menurut WSJ, adalah pemilik ke-4 dalam waktu 8 tahun perjalanan Skype. Tahun 2010, Skype merugi 7 juta Dollar Amerika.(NYTimes/AIS)

sumber

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: